Monday, May 12, 2008

Perkembangan Robotika Unhas


LABORATORIUM ROBOTIKA

1. Mata Kuliah Robotika

Perkembangan robotika sudah sangat pesat hingga merambah kawasan timur indonesia. Untuk menyikapi hal ini maka universitas hasanuddin telah membuka perkuliahan tentang robotika. Pada mata kuliah ini membahas tentang hal-hal yang menyangkut tentang robot itu sendiri. Misalnya konstruksi dan sistem kontrol apa yang harus digunakan pada robot. Sistem pengajaran pada mata kuliah ini sudah cukup baik tetapi ada kendala besar yang sampai sekarang masih dihadapi yaitu kurangnya perasarana, utamanya laboratorium.

2. Peminat Robotika

Kemajuan Ilmu Penmgetahuan dan Teknologi yang terjadi dengan cepat akhir-akhir ini menyebabkan banyaknya produk-produk industri yang semakin canggih yang tersebar secara kuas di masyarakat dunia. Salah satu tujuan dari perguruan tinggi adalah untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan menguasai iptek melalui mahasiswa dalam rangka meningkatkan kemampuan harga diri bangsa serta taraf hidup masyrakat secara luas. Dengan melihat realita yang terjadi maka antusiasme mahasiswa sangat besar untuk lebih mendalami tentang pembuatan robot. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mengambil tugas akhir tentang robotika, baik itu mengenai konstruksi ataupun sistem kontrolnya.

Berikut ini beberapa tugas akhir yang telah dikerjakan di lab. Robotika :

Gambar 1. Biped robot

Gambar 2. Kursi roda elektrik

Gambar3. Prototipe robot pemadam api

Gambar 4. Robot penjinak bom

3. Kompetisi Robotika Regional, Nasional dan Internasional

Seiring dengan perkembangan robotika yang semakin pesat mengakibatkan timbulnya persaingan yang sangat ketat dalam usaha pengembangan robot . olehg karena itu banyak diadakan kompetisi robot untuk melihat sejauh mana perkembangan robot yang telah dicapai. Kompetisi yang diadakan misalnya Kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Celebes Robot Contest (CRC), Water Rocket Contes (WRC) dan GaleoLobot. Prestasi yang telah dicapai antara lain Juara II Tingkat Nasional pada Water Rocket Contes (WRC) di UNIBRAW Malang, Juara II Celebes Robot Contes (CRC) di Universitas Hasanuddin Makassar dan baru-baru ini lolos seleksi Kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KRCI).


Gambar 5. Robot Line Follower

Gambar 6. Kontes robot Indonesia


4. Peralatan Penunjang

Dalam pembuatan robot harus didukung oleh sarana dan perasarana yang lengkap. Perkembangan robot di Universitas Hasanuddin sudah cukup baik dengan adanya perlatan yang mendukung seperti : Komputer untuk mengakses data ke dalam robot dan Alat-alat mekanik untuk membuat konstruksi dari robot itu sendiri. Namun prasarana yang telah ada belum mampu digunakan oleh seluruh mahasiswa karena jumlahnya yang terbatas.


Gambar 7. Komputer sebagai media disain dan program robot

Gambar 8. Alat downloader dan simulasi program robot

Gambar 9. Alat mekanik untuk membuat robot

Gambar 10. Anggota Team

4. Tenaga Pengajar

Universitas hasanuddin telah memiliki beberapa orang tenaga pengajar ahli dalam bidang robotika. Para pengajar telah melengkapi ilmunya tentang robotika pada negara-negara yang telah maju dalam hal desain dan kontrol robot.

Team Mechatronic and Robotic Research Group
Hasanuddin Of University

9 comments:

  1. mas tolong tambahi gambar2 robot2 y dong.....(indra)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. lanjutkan kretifitas kawan...kamu bisa

    ReplyDelete
  4. kk" disini ada yg alumnus SMK TELKOM shandi Putra 2 makassar gg?

    ReplyDelete
  5. pngen bxk tw tentang robitika nich,,,,,, mhon bantuanx yah,,,,,,,,,,,,, ( yakub ) nich palu

    ReplyDelete
  6. Nanti saya usahakan buat tutor baru, dah lama g buka nih blog... :)

    ReplyDelete
  7. good...
    Saya pengen belajar membuat robot jg ma kalian...salut dah canggih semua...keep on creative till the end...


    Buya W
    9509560

    ReplyDelete
  8. mau tanya ni tentang sensor. apakah pengaruh jarak dapat mempengaruhi output sensor pengeteksi jarak.mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  9. Biasanya yang mempengaruhi output yaitu jenis Clock (Xtal) yang anda gunakan
    ada yang 11,0592Mhz atau 4,00 Mhz
    itu sangat berpengaruh terhadap output

    ReplyDelete